Senin, 21 November 2016

Persaudaraan di Milad S.C.A.M #2

Perhelatan Milad S.C.A.M #2 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Nopember 2016 berjalan sukses, peserta yang hadir tidak hanya dari wilayah terdekat seperti Serang, Cilegon, Anyer, dan Merak akan tetapi dihadiri oleh komunitas dari kota lain yaitu Ciruas, Rangkasbitung, Pandeglang, Jakarta, Depok, Bekasi dan terjauh adalah dari lampung yaitu kehadiran temen-temen dari Komunitas Pecinta Federal Lampung (Pedal) dengan perkiraan goweser yang hadir hampir 250-an, komunitas sepeda yang hadir di acara ini adalah GWS Depok, SXC2, Badak Gowesz, FedRabit, CBS (Ciruas Bycicle Sport) Pedal (Pecinta Federal Lampung), Kossera, Fiets Tirtayasa, TTB Jakarta, Gempur, WesGowes, Gober Depok, Sobat Gowes Bekasi, Gagas Serang, Bat45, FBC, SUXC, Warzhog04, BCC, NgapakBae, MBC Depok dan yang lainnya, dan komunitas yang paling banyak mengirimkan pasukannya adalah Gober Depok sebanyak 24 goweser yang diketuai oleh Ibu Nuke Hanawati.

S.C.A.M sendiri adalah sebuah wadah bagi komunitas-komunitas yang ada diwilayah Serang, Cilegon, Anyer, dan Merak bukan sebagai komunitas baru tapi sebagai tempat berkumpunya para goweser dalam kegiatan bersepeda sekaligus sebagai ajang bersilaturahim antar komunitas. 

Trek/rute yang dihadirkan dalam Milad S.C.A.M #2 terdapat dua rute yaitu rute Onroad dan Offroad dengan tujuan utama adalah rumah hutan Cidampit, masing-masing mempunyai keunikan tersendiri dan mempunyai medan yang menantang. Bagi yang menyukai trek tanah (single trek) maka pilihan trek offroad akan sangat tepat karena kita akan disuguni pemandangan hutan cidampit walau dibeberapa tempat trek cukup licin karena malamnya diguyur hujan cukup deras. Sedangkan bagi penyuka Uphill maka pilihan trek onroad sangat pas karena kita akan disuguhi jalan aspal mulus terkadang berbatu serta turunan dan tanjakan yang cukup menguras tenaga serta pemandangan yang indah dan finalnya adalah tanjakan 45 sebagai idolanya. 

Keberangkatan dimulai pada pada pukul 7.30 WIB yang diawali oleh sambutan dari Kang Ola untuk keberangkatan yang melalui jalur Offroad dan untuk peserta jalur Onroad berangkat pada pukul 7.40 WIB. 

Penulis sendiri mengikuti acara ini melalui trek Onroad bisa dibilang kangen dengan tanjakan 45 yang hampir 4 tahun tidak pernah dilalui. Tanjakan 45 puncak ketinggianya sekitar 181 mdpl, tetapi karena perjalanan peserta sebelumnya dari trek rendah dan perlahan jalur tanjakan dengan model  sedikit melingkar maka jarak tempuh menuju puncak yang hanya 1,3 km  dapat dipastikan cukup menguras tenaga. Beberapa goweser harus menuntun sepedanya dan beberapa lainnya berhasil melewati tanjakan tersebut.

Acara puncak dari  Milad S.C.A.M #2 dilaksanakan di Rumah Hutan Cidampit, sebuah tempat yang awalnya tempat peristirahatan bagi pemiliknya kini menjadi sebuah wahana wisata alam untuk berkemping atau menjadi tujuan bersepeda dengan sebelumnya melalui hutan atau jalan lain untum mencapainya.

Kegembiraan dalam acara tersebut makin terasa ketika semua peserta finish dengan selamat dan dilanjutkan dengan  sambutan dari Senior S.C.A.M Pak Medy Oslo, yang dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan makan bersama.

Salah satu catatan unik dari Milad S.C.A.M #2 adalah jumlah dan wilayah peserta yang hadir, dimana pada Milad S.C.A.M #1 hanya dari kota terdekat untuk milad kali ini lebih banyak yang hadir dari perkiraan yang sebelumnya di prediksi hanya 150 peserta. Selain itu karena dua jalur tempuh jenis sepeda yang hadir lebih variatif selain model MTB ada juga peserta yang membaca sepeda lipat, sepeda balap dan sepeda touring (Federal/Surly).

Buat yang penasaran dengan foto-foto kegiatan Milad S.C.A.M #2 silakan klik disini.

Jangan lupa Like FanPagenya ya! dan Share Beritanya.

(Omiyan)

10 komentar: